Rabu, 03 Februari 2010

Kesehatan

Sehat di Usia Tua

Suatu kebanggaan tersendiri apabila disaat kita berada pada usia tua tubuh kita masih tetap sehat dan kuat. Namun kebanyakan yang terjadi di saat usia tua tubuh kta terasa cepat lelah, letih dan rasa nyeri di berbagai bagian sendipun terasa. Nah sekarang bagaimana caranya agar tubuh kita tetap sehat dan kuat hingga usia tua nanti.

Banyak mengartikan bahwa tubuh yang sehat adalah tubuh yang kebal terhadap penyakit, oleh karena itu kita harus menjaga agar sistem kekebalan tubuh kita tetap bekerja secara maksimal. Untuk itu kita harus mengetahui apa yang dibutuhkan oleh tubuh kita.

Tubuh kita membutuhkan oksigen, air, energi, untuk mendegenerasikan sel-sel yang dapat menggantikan sel-sel yang tidak berfungsi lagi. Oksigen merupakan kunci segala kehidupan. Jika tidak ada oksigen kita tidak dapat hidup. Banyak sekali manfaat dari oksigen seperti oksigen dapat mencegah berbagai penyakit, mengurangi racun dalam darah serta memperkuat jantung dan system kekebalan tubuh.

Anda pasti sering merasa segar di saat anda meminum air yang bersuhu rendah atau air dingin, mengapa demikian?? Karena pada air yang bersuhu rendah lebih banyak mengandung kadar oksigen yang tinggi sehingga kita merasa segar saat meminumnya. Selain oksigen tubuh kita juga memerlukan air. Terbukti bahwa kita akan lebih cepat merasakan haus daripada lapar, misalnya saja pada saat kita berpuasa.

Sering kali kita menemukan banyak orang yang merasakan penyakit ketika mereka telah berada pada usia lanjut atau umurnya sudah mencapi 40 th ke atas, kebanyakan penyakit yang dirasakan adalah penyakit yang menyerang bagian tulang yang biasanya ditandai dengan rasa nyeri pada tulang, seperti sakit pada pinggang, reumatik, pengkeroposan pada tulang, dan pembentukan tulang yang tidak lazim yang disebabkan karena posisi duduk yang salah.

Mengapa semua itu baru kita rasakan pada saat usia kita telah memasuki usia tua ?? Karena pada saat itu system organ tubuh yang bekerja pada tubuh kita, sudah tidak maksimal lagi, tetapi jika pada saat usia muda, kita sering menjaga kesehatan, misalnya sering berolahraga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan minuman yang sehat ( 4 sehat 5 sempuna), itu sangat membantu sekali dalam meningkatkan system kekebalan tubuh kita, sehingga mempengaruhi kondisi kita hingga saat tua nanti.

Selain itu, pemyakit lainnya adalah diabetes mellitus yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang manis-manis sehingga di dalam tubuhnya terdapat kadar gula yang sangat tinggi, salah satu contohnya adalah saat kita sering memakan nasi yang baru saja matang, karena pada saat itu nasi tersebut memiliki karbohidrat yang sangat tinggi.

Penyakit batu ginjal juga sering terjadi, penyakit ini disebabkan Karena terlalu banyak duduk dan kurang mengkonsumsi air putih, sehingga aliran darah menjadi tidak lancar dan akan terjadi penggumpalan. Oleh karena itu disarankan untuk mengkonsumsi air putih setiap hari, sebagai contoh setiap pagi, setelah bangun tidur kita harus meminum air putih sebanyak 1,5 liter atau 4-5 gelas.

Jadi kesimpulannya jika kita ingin tubuh kita sehat dan kuat hingga usia tua nanti, banyak hal yang harus dilakukan dari sekarang :

  1. Melakukan olahraga secara teratur
  2. Memakan makanan yang bergizi dan sehat (4 sehat 5 sempurna)
  3. Banyak minum air putih, misalnya setiap pagi setelah kita bangun tidur kita harus meminum air putih sebanyak 1,5 liter atau 4-5 gelas.
  4. Menambah suplemen untuk tubuh seperti vitamin, mineral dan air yang mengandung banyak ion.
  5. Selalu berfikir positif karena pikiran sangat mempengaruhi kondisi tubuh kita dan aktivitas kita sehari-hari.
  6. Menjaga kebersihan tubuh dan keadaan disekitar kita.
  7. Jangan terlalu lama memaksakan diri untuk bekerja, karena tubuh kita perlu waktu istirahat untuk mengembalikan kembali tenaga kita.
  8. Luangkanlah waktu untuk memanjakan diri kita, seperti refreshing untuk mencerahkan pikiran dan merelaksasikan tubuh kita.

Jika anda belum mencoba sepenuhnya, silahkan mulai dari sekarang untuk mencobannya, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda semuannya. ^_^

Tidak ada komentar: