Profil
Amazon.com
Pendiri : Jeffrey P. Bezos
Tokoh penting : Jeffrey P. Bezos (sebagai ketua, EO sekaligus presiden perusahaan)
Website : amazon.com
Kategori : eCommerce
Alamat kantor : Seattle, WA, Amerika Serikat
Telepon : (206) 266-1000
Didirikan : 1994,tapi baru diluncurkan tahun 1995
Jenis industri : Retail (Eceran)
Jumlah karyawan : 14.000 di seluruh dunia
Promosi / iklan : web banner dan video
Jangkauan : Worldwide
Pendiri : Jeffrey P. Bezos
Tokoh penting : Jeffrey P. Bezos (sebagai ketua, EO sekaligus presiden perusahaan)
Website : amazon.com
Kategori : eCommerce
Alamat kantor : Seattle, WA, Amerika Serikat
Telepon : (206) 266-1000
Didirikan : 1994,tapi baru diluncurkan tahun 1995
Jenis industri : Retail (Eceran)
Jumlah karyawan : 14.000 di seluruh dunia
Promosi / iklan : web banner dan video
Jangkauan : Worldwide
Sejarah
Amazon.com
Amazon.com
adalah salah satu perusahaan besar yang menjual barangnya melalui internet.
Perusahaan ini didirikan oleh Jeff Bezos pada November 1994 di Seattle, Amerika
Serikat. Mengapa dinamakan amazon.com, karena Jeff ingin perusahaannya seperti
sungai Amazon yang mampu menampung 20% air bersih dunia. Jadi ia mengharapkan
perusahaan ini kelak akan menjadi perusahaan yang menguasai 20% pasar dunia.
Jeff Bezos sendiri kemudian menjadi vice president dari perusahaan ini.
Amazon.com
membuka situs e-commercenya pada tahun 1995. Produk yang dijual di perusahaan
online ini bermula dari buku kemudian dengan cepat meluaskan diversifikasinya
ke produk lain seperti kaset VHS, DVD, CD musik kemudian ke lelang dan sekarang
amazon.com sudah menjual ribuan jenis produk berbeda. Amazon.com bahkan pada
tahun 2002 pernah menjadi toko online terbaik versi majalah Yahoo karena
penjualan atas order konsumen yang lebih dari 56 juta item.
Visi dan
Misi Amazon.com
Sebagai perusahaan yang paling customer-centric,
pelanggan dapat temukan apapun yang mereka ingin dengan mudah melalui pembelian
online, dan harga yang rendah.
Tujuan
Amazon.com
Tujuan Amazon.com, adalah tidak untuk menjadi toko buku terbesar di dunia, tetapi toko serba ada terbesar di dunia.
Tujuan Amazon.com, adalah tidak untuk menjadi toko buku terbesar di dunia, tetapi toko serba ada terbesar di dunia.
Motto
Amazon.com
The company motto, ‘Work Hard, Have Fun, and Make History’.
The company motto, ‘Work Hard, Have Fun, and Make History’.
Kelebihan
dari Amazon.com
Analisis kelebihan Amazon.com dapat diuraikan
sebagai berikut :
1. Brand
Amazon sudah mempunyai merek yang terkenal dan terpercaya.
2. Strategi
pemasaran yang bagus.
3. Aliansi
dengan perusahaan lain.
4. Web
yang memiliki akses yang cepat, design menarik dan mudah dioperasikan.
5. Harga
produk yang lebih terjangkau dibandingkan pesaing.
6. Amazon
memiliki diversifikasi produk sehingga memberikan tambahan pelanggan
7. Website
yang menyediakan link review produk dianggap sebagai atribut yang positif untuk
berbagi informasi dan masukan mendorong penjualan.
8. Penggunaan
pasar online menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barang-barang
yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi Amazon.com
untuk bersaing dengan para pengecer lainnya.
9. Dukungan
dari Customer Relationship Management (CRM) dan Teknologi Informasi (TI).
10. Memiliki
karyawan yang kompoten dalam pemasaran, pengembangan software, finance, and
distribution software.
11. Adanya
karyawan yang independen, dan memungkinkan tetap ada karyawan yang bekerja
meskipun musim liburan.
Kekurangan
dari Amazon.com
Analisis kekurangan
Amazon.com dapat diuraikan sebagai berikut :
- Free shipping strategy (strategi pengiriman gratis) akan mempengaruhi posisi keuangan di masa depan.
- Amazon tergantung pada pengiriman eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman.
Hal
yang dilakukan oleh website Amazon.com agar dapat dikategorikan sebagai website
yang baik :
- Strategi Pemasaran
Amazon dirancang untuk
meningkatkan lalu lintas pelanggan untuk membangun kesadaran perusahaan
website, untuk mempromosikan pembelian produk dan layanan yang tersedia, dan
untuk memperkuat Amazon.com nama merek. Amazon.com menggunakan e-mail promosi,
iklan portal, dan disponsori pencarian sebagai alat utama mereka dari iklan.
- Promosi Khusus
Contoh: game Xbox 360 dipromosikan selama Desember 2006. Perusahaan menjual
1000 unit lebih murah 2 / 3 harga normal.
- Amazon.com
juga memasarkan produknya melalui Associates Program
Nowhere kontrak dengan situs web yang mereka ingin mengarahkan pelanggan ke website Amazon untuk membeli produk.
- Strategi Distribusi, Amazon.com sewa kantor pusat perusahaan di Seattle, Washington. Fasilitas lain seperti pemenuhan pusat pergudangan dan kantor layanan pelanggan berlokasi in-out Amerika Serikat, terutama di California, Delaware, Florida, Kansas, Kentucky, Nevada, North Dakota, Pennsylvania, South Carolina, Texas, Virginia, Washington, West Virginia, dan Wisconsin.
http://yosevasilaen.wordpress.com/2010/06/01/e-crm-di-perusahaan-profit-www-amazon-com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar